fbpx

Review Rode Videomic Pro

Review Rode Videomic Pro

Review Rode Videomic Pro – halo ganbro, sebelumnya Studiostar7 sudah pernah bahas nih tentang bagaimana kehebatan dari Rode Videomic Go. namun ternyata ada loh “kakaknya” yang lebih hebat, adalah Rode Videomic Pro. Embel-embel tambahan “pro” dibelakang namanya tentunya sudah menunjukkan bahwa seri ini memberikan kemampuan perekaman yang lebih hebat dibandingkan adiknya bukan ganbro? bahkan bisa dibilang sebuah peningkatan yang cukup signifikan loh ganbro, terlebih dibandingkan dengan mic internal yang ada pada kamera DSLR. Namun apakah embel-embel “pro” yang dibawanya benar-benar membuat ganbro semakin tertarik untuk “menjajal” kemampuan dari Rode Videomic Pro? kuy baca ulasannya ganbro!

Rode Videomic Pro, adalah microphone eksternal yang memang menargetkan kalangan power user yang meninginkan kemampuan lebih dibandingkan dengan microphone eksternal biasa. Merek Rode sendiri sudah terkenal di kalangan videografer dunia, sehingga kualitasnya tentu tidak perlu diragukan ya ganbro. namun Videomic Pro ini walaupun menyasar ke kelas yang lebih tinggi dibandingkan versi Go, Rode Videomic Pro ini masih memberikan kemudahan pakai yang menurut SS7 dapat diancungi jempol. Untuk kelengkapannya, Rode Videomic Pro ini memiliki opsi pengaturan suara yang sudah menjadi satu dengan microphone. Untuk opsi suara sendiri terdapat switch yang mengatur sensitifitas suaranya menjadi -20db atau +20db, jadi ganbro tidak perlu repot-repot masuk ke menu yang ada di kamera ganbro ketika mau melakukan pengurangan maupun peningkatan sensitivitas. Selain switch untuk mengatur sensitivitas perekaman, pada Rode Videomic Pro ini terdapat switch power yang mengatur mic untuk berada pada posisi off dan on, namun di switch yang sama terdapat mode high pitch untuk mengatur microphone untuk dapat menangkap suara dengan frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan biasanya.

Setelah SS7 coba nih, suara yang ditangkap oleh Rode Videomic Pro ini terbilang bagus, suara dapat ditangkap dengan baik. Untuk pengujiannya kami menggunakan lagu Butterfly and Hurricanes dari Muse, lagu yang dikeluarkan oleh speaker komputer kemudian direkam kembali oleh kamera dengan jarak lebih kurang satu meter dari pusat suara, dan hasilnya fenomenal ganbro. bahkan nada rendah dapat ditangkap dengan baik dan jelas, terlebih ketika switch +20db dipilih maka sensitivitas mic akan meningkat cukup drastis sehingga tidak perlu khawatir ketika ganbro gunakan untuk merekam berbagai macam aktivitas.

Rode Videomic Pro adalah solusi yang pas buat ganbro yang ingin mencari solusi yang tidak ribet untuk meningkatkan kualitas rekaman suara di DSLR, namun tetap tidak ingin kehilangan kendali penuh terhadap perangkat perekaman. Namun karena menggunakan sistem yang lebih kompleks, Rode Videomic Pro ini akhirnya memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan adiknya Videomic Go. kelemahan tersebut adalah bahwa pada mic ini diperlukan baterai untuk dapat beroperasi, walaupun penggunaan baterainya cenderung irit, namun dalam sebuah skenario tertentu ganbro bisa saja kehabisan baterai dan akan berujung pada mic tidak dapat digunakan hehe. namun hal tersebut menurut SS7 adalah hal yang mudah diatasi dengan selalu sedia baterai cadangan untuk itu ganbro. namun selain itu, Rode Videomic Pro adalah “pasangan” yang cocok buat kamera DSLR ganbro untuk melakukan aktivitas perekaman video. (kbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.