fbpx

Review Peralatan Studio Foto: Flash Yongnuo YN660

peralatan studio foto

Peralatan Studio Foto – MANTAP, itu kesan pertama yang Kami rasakan ketika memegang Flash Yongnuo YN660 Speedlite ini, ya bagaimana tidak unit ini memiliki fitur dan performa yang tidak kalah dari speedlite milik Canon dan Nikon, penasaran dengan reviewnya? kuy scroll terus kebawah ganbro!

Yongnuo YN660 Speedlite atau yang seterusnya akan Kami panggil “YN660” adalah salah satu produk flash eksternal kelas menengah keluaran Yongnuo nih, fiturnya mumpuni banget buat fotografer pemula hingga kelas menengah, gimana enggak karena di dalam YN660 ini sudah terdapat berbagai macam fitur yang bakal memudahkan ganbro dalam melakukan kegiatan fotografi yang memerlukan flash. YN660 dilengkapi dengan sensor cahaya untuk mendukung fungsi wireless trigger, socket sync untuk wired trigger, hingga mendukung external power source untuk memberikan daya ekstra ketika melakukan pengoperasian. model kepala yang dimiliki oleh YN660 ini juga bisa bergerak secara full tilt dan swiviel loh ganbro, jadi gampang kalau ganbro mau mengarahkan pantulan cahaya untuk memberikan efek khusus ke foto kalian.

untuk mode pengoperasian, YN660 ini mampu mengadaptasi kebutuhan fotografi ganbro yang bervariasi nih, mulai dari full manual, multi mode, hingga slave mode. buat ganbro yang mau pengaturan sesuka hati, mode manual menawarkan variasi exposure 1/3 stop, jadi ganbro bisa menaikkan tingkat cahaya +0.3ev dan -0.3ev. buat ganbro yang mau eksperimen dengan off-flash-photography YN660 ini ada opsi buat jadiin YN660 slave unit dengan opsi melalui frekuensi radio yang bisa diatur secara built in dari kamera, maupun menggunakan sensor cahaya seperti yang Kami jelaskan tadi diatas.

performa dari YN660 ini nggak mengecewakan loh, malah cenderung mantap banget buat flash sekelas ini. Guide Number 66 secara teori mampu membuatnya “melawan” sinar matahari loh ganbro, cocok buat ganbro yang suka foto di siang bolong, hehehe. hanya saja strobe yang kuat ini harus di kompensasi dengan waktu recycle yang cukup lama, sekitar 8 detik ketika menggunakan kemampuan penuh, yah lumayan lah  untuk produk kelas ini, namun apabila ganbro lebih sering di dalam ruangan kami yakin nggak bakal nunggu lama untuk recycle karena cuma memakan waktu kurang dari 3 detik, luar biasa bukan?. selain guide number dan recycle times, kecepatan maksimum shutter adalah hal yang penting dalam memilih flash lho ganbro, dan bagaimana dengan YN660? jawabannya adalah sangat oke untuk flash sekelas ini, dengan kemampuan maksimum shutter sync 1/400 adalah peningkatan yang signifikan dibandingkan ketika ganbro pakai flash internal yang cuma mendukung maksimum shutter sync 1/200.

setelah semua kelebihan yang Kami ceritakan dari YN660 ini, bukan berarti tanpa kekurangan sih, kekurangan utama dari YN660 ini adalah absennya fitur TTL, menjadikan flash ini tidak dapat secara otomatis mengatur exposure sesuai kondisi cahaya yang ada saat ini, namun menurut Kami ketiadaan fitur itu bukanlah deal-breaker, karena sudah ditutupi oleh fitur yang melimpah untuk flash sekelas ini. nah, gimana ganbro tertarik buat meminang dan memiliki flash ini? Kuy! ganbro bisa intip disini hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.