fbpx

Memilih Memory Card Yang Sesuai Kebutuhan

memilih memory card

Sebuah kamera tanpa memory card tentu tidak akan berfungsi. Memory card menjadi sebuah peralatan yang sangat penting di kamera anda. Dengan memory card maka hasil foto atau video anda bisa tersimpan dengan baik di dalam kamera. Maka dari itu, memilih memory card merupakan sebuah pertimbangan yang penting saat anda membeli kamera.

Memory card terdiri dari berbagai macam merek. Salah satu merek ternama yang sudah teruji ketahanannya adalah Sandisk. Perusahaan ini pun juga menjawab berbagai kebutuhan kamera dengan memory card yang berbeda-beda. Sandisk mengeluarkan beberapa model memory card yang dibagi dalam kelas Ultra, Extreme, Extreme Plus, hingga Extreme Pro.

Dalam setiap kelasnya, umumnya memory card memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Anda bisa memperhatikan kecepatan transfer dari sebuah memory card saat melihat stikernya.

Umumnya, varian memory card minimal Ultra dan di atasnya sudah termasuk di kelas 10. Disini berarti memory card tesebut bisa menyimpan data sebesa 10 mb per detik. Kemudian, memperhatikan kecepatan transfer suatu memory card. Misalnya, pada memory card Ultra, umunya kecepatan transfernya sebesar 40 mb/s, Extreme sebesar 45 mb/s, lalu Extreme Plus sebesar 80 mb/s, dan Extreme Pro lebih cepat lagi yaitu sebesar 95 mb/s.

Kecepatan transfer dari memory card ini dibutuhkan untuk memindahkan data anda ke computer atau laptop. Jadi, semakin besar angkanya maka akan semakin cepat. Misanya, 95 mb/s berarti kecepatan transfernya sebesar 95 megabyte setiap detiknya. Hal ini tentu akan sangat memudahkan anda dalam memindahkan data anda.

Selanjutnya, memilih kapasitas memory card yang tepat untuk kamera anda. Sebelum memilihi kapasitasi sebuah memory card, anda perlu mengetahui format kamera anda, apakah mendukung format SDHC atau tidak? Format ini umumnya berada pada sebuah kapasitas 4 GB – 32 GB.

Apabila anda sudah memperhatikan format kamera kesayangan anda, maka anda bisa meneruskan pertimbangan  memory card anda. Semakin besar tentu kapasitas foto atau video yang anda ambil bisa semakin besar, namun semakin besar kapasitas suatu memory card pun berdampak pada harga yang jauh lebih mahal.

Selain itu ada beberapa catatan penting, khususnya untuk para videographer. Dalam kegiatan perekaman video sebuah momen tentu berbeda dengan foto, karena secara teknis video lebih rumit sistemnya. Maka dari itu, untuk menghasilkan video yang HD yang berukuran 1920×1080 pixel, dibutuhkan memory card minimal kelas 10 atau di atasnya. Hal ini akan berdampak pada kualitas video yang anda ambil menjadi lebih jernih dan jelas.

Gimana ganbro? Sudah tidak galau lagi kan dalam memilih memory card untuk kamera kesayangan anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.