Perbedaan Jenis Bahan Background Foto

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, background foto punya peran yang cukup penting dalam komposisi sebuah karya fotografi. Jenis-jenis bahan background foto itu ada banyak lho, Ganbro. Ganbro tahu nggak sih apa aja perbedaannya?

Secara garis besar bahan background dibagi menjadi 2 macam nih:

1. Muslin

Bahannya lemas, mudah dilipat, dan lebih ringan. Background muslin ini biasanya dibuat dari bahan kain, kaos ataupun plastik. Kelemahan background jenis ini adalah bekas lipatannya yang masih sering terlihat kalau sudah digelar. Tapi mudah untuk dirapikan kembali kok, Ganbro. Contoh dari background muslin yang sering digunakan adalah background wisuda seperti ini nih, Ganbro.

2. Canvas

Background jenis ini sebaiknya selalu dalam posisi tergulung agar terhindar dari lecek. Nggak bisa asal dilipat-lipat seperti jenis background muslin. Background jenis canvas relatif lebih berat dari muslin sih, Ganbro.

Kalau dilihat dari tekstur permukaan bahan, background dari bahan pure-canvas dan nonwoven ini cenderung memiliki tekstur permukaan yang terlihat berpori. Sedangkan bahan dari kain lebih halus. Karakter permukaan ini akan sangat berpengaruh jika Ganbro salah menempatkan posisi lighting pada bidikan close-up, misalnya untuk pas photo. Sejauh ini, bahan background foto yang paling sering digunakan adalah bahan kain karena lebih awet dan fleksibel.

Studiostar7 ada rekomendasi nih buat Ganbro yang lagi cari background foto

Cocok banget untuk foto wisuda formal. Bahannya dari kain muslin, kualitas gambar dan warna oke punya. Ada berbagai pilihan motifnya juga lho, Ganbro!

Cocok untuk foto studio formal maupun non formal. Bahannya dari kain muslin dan tersedia berbagai pilihan warna untuk Ganbro.

Semua bahan background foto memang memiliki plus-minusnya sendiri, so sesuaikan aja sama kebutuhan Ganbro, ya! Apapun pilihannya, yang penting photography should be fun!

2 thoughts on “Perbedaan Jenis Bahan Background Foto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.