fbpx

Artikel Fotografi : Pakai filter yang pas buat Lensamu! (Part I)

Artikel Fotografi

Mengenal Filter Lensa – Halo ganbro, SS7 di sini bakal bahas tipis-tipis nih tentang filter lensa pada kamera. Sesungguhnya SS7 yakin kalau ganbro sudah pernah “mengenal” benda ini, karena kebanyakan lensa yang dijual saat ini biasanya sudah bonus / include dengan filter. Biasanya filter yang sudah menjadi “sepaket” dengan lensa ganbro itu berjenis filter UV. Bingung? Jangan dulu, haha karena SS7 bakal kupas nih tentang macam-macam filter dan penggunaannya, bahkan di bagian berikutnya dari artikel ini akan memberikan teknik fotografi yang bisa digunakan ketika menggunakan filter-filter jenis tertentu. Pasti sudah penasaran kan ganbro? kuy simaUk ganbro!

Pertama-tama SS7 bakal kasih tahu ganbro beberapa jenis filter yang sering ganbro jumpai di pasaran, ada yang namanya filter UV (Ultra Violet), ND (Natural Density), CPL (Polarizer), dan filter efek (Makro, Star, IR, Tele Converter, dll). sampai di sini ganbro akhirnya mengerti bahwa filter di lensa itu nggak Cuma UV saja, karena sebenarnya masing-masing jenis filter itu memiliki efek yang berbeda loh ganbro ke hasil gambar. Jangan khawatir ganbro, SS7 bakal jelasin dengan gampang dan simpel hehe.

 

UV Filter (Ultra Violet)

Filter jenis ini adalah jenis filter yang paling murah dan pasti sudah sering ganbro temui. Pada dasarnya filter ini mencegah gambar terganggu dari sinar ultra violet yang ditimbulkan ketika memotret di siang hari, namun untuk kamera modern sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi untuk menangkal efek ini, maka dari itu filter UV / Clear ini sudah beralih fungsi menjadi pelindung lensa saja. Bukan berarti tidak berguna ya ganbro, mending ganti filter daripada ganti lensa kan ganbro? hehe.

 

ND Filter (Natural Density)

Filter ini memang tidak se mainstream UV Filter, karena memang tidak semua pengguna kamera memerlukannya, namun buat ganbro yang suka eksperimen dengan fotografi, ini adalah salah satu filter yang berguna banget loh. Fungsi utama dari filter ini adalah untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Dengan filter ini efek yang didapatkan adalah gambar menjadi lebih gelap, sehingga ganbro bisa dengan bebas menggunakan eksposure yang lama maupun bukaan yang lebar tanpa perlu khawatir foto akan overexposure.

 

CPL Filter (Polarizer)

Kalau ganbro perhatikan, filter ini memiliki karakter fisik yang nggak jauh berbeda dengan ND filter, yaitu gelasnya tidak bening ganbro, melainkan gelap. Namun efek yang diberikan oleh filter polarizer ini berbeda ganbro, filter ini cenderung akan mengurangi kilap yang disebabkan oleh cahaya matahari, dan meningkatkan kontras dari foto yang ganbro ambil. Jadi ganbro bisa motret di tengah langit terik dan gambar awan tetap tertangkap dengan baik

 

Filter Efek Khusus

Nah filter-filter yang berada dalam kategori ini cenderung memiliki efek yang benar-benar “radikal” atau dapat bisa dirasakan perbedaannya. Salah satunya adalah filter makro yang juga pernah SS7 bahas di sini nih. Hehe

Nah, ganbro sudah paham kan tentang jenis-jenis filter sesuai dengan kebutuhan? SS7 nggak Cuma mau kasih tahu itu kok ganbro, di bagian berikutnya bakal ngejelasin jenis fotografi apa yang cocok dengan filter masing-masing. Selamat berkreasi ya ganbro! (kbp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.